MASA ORIENTASI SISWA SMP SANTO YOSEF

                        Selamat datang kami ucapkan kepada seluruh siswa/i dan orang tua/wali yang baru bergabung dengan keluarga besar SMP Santo Yosef. Kami juga mengucapkan selamat datang kembali untuk seluruh siswa/i yang tanpa terasa telah naik ke jenjang yang lebih tinggi. Rahmat Tuhan menyertai kita semua.
Selama orientasi, siswa/i dibagi menjadi 5 kelompok bernama tim; HEBAT, JUARA, KASIH, SOLID, dan TOLERANSI. Selama kegiatan siswa/i diajak untuk mengetahui makna dan contoh aksi nyata dari nama tim masing – masing. Pada hari ketiga, tiap – tiap perwakilan tim akan membagikan pemahaman mereka dengan seluruh warga sekolah.
Sebelum Kegiatan Belajar Mengajar tahun ajaran 2018 – 2019 dimulai pada Kamis, 12 Juli 2018, sisw/i akan diberikan orientasi agar mampu mempersiapkan diri dan memantapkan sikap dalam menghadapi tahun ajaran yang baru. Kelas VII , VIII, dan IX tentu membutuhkan pembekalan yang berbeda siswa sesuai tingkatnya.

OPLAS
(Orientasi dan Pengenalan Lingkungan Sekolah)
dan RE-ORIENTASI
Tema : BERSATU, BEREMPATI, BERPRESTASI

                         OPLAS dimulai pada Sabtu, 7 Juli 2018 hingga Rabu 11 Juli 2018 dan diikuti oleh seluruh kelas VII. Selama empat hari peserta OPLAS akan diberi pembekalan mengenai iklim belajar SMP Santo Yosef. Siswa/i diajak berkeliling bangunan, memahami peraturan, mengenal bakat yang dimiliki, bersosialisasi dengan seluruh warga sekolah dan belajar mengemukakan pendapat baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.

Re-orientasi dimulai pada Senin, 9 Juli 2018 hingga Rabu 11 Juli 2018 dimana pesertanya adalah seluruh siswa kelas VIII dan IX. Siswa/i diajak untuk berefleksi. Kegiatan ini bertujuan agar pendidik mendapat umpan balik dari siswa/i setelah mereka mengikuti serangkaian proses belajar mengajar di tahun ajaran sebelumnya. Selain berefleksi, peserta didik juga diberikan gambaran mengenai kurikulum dan dimotivasi untuk menjadi siswa/i berkarakter.

Outbond adalah satu kegiatan dalam orientasi dimana seluruh kelas VII, VIII, dan IX saling bekerjasama dalam satu tim. Disinilah siswa/i baru akan berinteraksi langsung dengan kakak kelasnya. Terdapat tiga permainan yang memiliki pesan moral untuk seluruh siswa. Pertunjukan seni berupa permainan biola dari kelas VII, tarian oleh kelas VIII dan mini drama yang disajikan apik oleh kelas IX ikut mewarnai outbond tahun ini.

FH